Folkanian - Pameran otomotif Indonesia International Motor Show (IIMS) 2025 resmi digelar di Grand City Convention Hall, Surabaya, sejak 30 Mei hingga 1 Juni 2025. Puluhan brand otomotif turut meramaikan ajang ini dengan menghadirkan berbagai inovasi
Di tengah pesatnya transformasi teknologi, beragam brand industri otomotif berpartisipasi dalam IIMS 2025 dengan memberikan pengalaman baru bagi pengunjung untuk memperkenalkan aneka macam komoditas otomotif terbaru seperti aksesoris hingga spare part.
Penyelenggaraan IIMS Surabaya tahun ini secara khusus menyasar kalangan muda, terutama generasi Z, sebagai target utama. Besarnya populasi Gen Z dinilai menjadi pasar potensial bagi industri otomotif masa kini dan masa depan.
CEO VinFast Indonesia, Kariyanto Hardjosoemarto, menilai IIMS Surabaya merupakan momentum strategis untuk memperkenalkan produk otomotif yang lebih inovatif dan berkelanjutan.
“Peluang tersebut membuktikan komitmen kami untuk menghadirkan pilihan transportasi yang sesuai dengan karakteristik produk kami, yakni cerdas, berkelanjutan, dan relevan bagi masyarakat,” ujar Kariyanto.
Salah satu brand yang menjadi sorotan adalah MG, yang mendominasi dengan lini produk Electric Vehicle (EV). Perwakilan MG, Jonathan, menjelaskan bahwa desain futuristik dan teknologi modern menjadi daya tarik utama bagi generasi muda.
“Desain ini tentu disesuaikan dengan selera anak muda, termasuk Gen Z. Dan pastinya semua itu sudah melalui proses riset dengan pendekatan data mengenai preferensi pasar anak muda. Hasilnya seperti yang bisa dilihat model-model yang memang secara visual sangat menarik dan sesuai tren,” ungkap Jonathan.
IIMS Surabaya turut menghidupkan keberlangsungan acara dengan menawarkan aktivitas interaktif bagi pengunjung seperti test drive. Melalui test drive, pengunjung dapat merasakan pengalaman langsung mengemudikan berbagai jenis kendaraan yang dihadirkan di IIMS Surabaya.
Selain menarik antusiasme anak muda penggemar produk otomotif, IIMS Surabaya turut mengundang sejumlah mahasiswa sebagai tim riset yang berasal dari perguruan tinggi di Jawa Timur mulai dari Universitas Airlangga hingga Universitas Brawijaya.
Adinda, salah satu mahasiswi perwakilan tim riset asal Universitas Brawijaya mengungkapkan bahwa IIMS Surabaya memberikan kesempatan bagi industri otomotif untuk mengenalkan kendaraan dengan teknologi terbaru sehingga relevan dengan minat anak muda saat ini.“Selain penampilannya, sekarang kendaraan perlu mempertimbangkan seberapa canggih fitur-fitur yang ditawarkan dan bisa memudahkan pengguna,” ungkap Adinda.
Kehadiran berbagai jenis kendaraan listrik sukses menggaet ketertarikan anak muda. Tegar sebagai salah satu pengunjung serta perwakilan tim riset dari Universitas Brawijaya menambahkan alasannya menghadiri acara ini.
“Karena IIMS tahun ini mengangkat tema kendaraan listrik yang jadi salah satu daya tarik tersendiri buat kami. Jadi, ketika ada event seperti IIMS yang fokus ke electric vehicle ini bisa jadi momentum yang pas buat kami karena sejalan dengan arah riset dan pengembangan yang sedang kami kerjakan,” sambung Tegar.
Penulis : Briyan Johan Soetanto & Syafira Wuri P
Editor : Pangeran Bima Bintang Borobudur
Tag : #GenZ #IIMS #IndustriOtomotif
0 Komentar